cara pembatalan tiket kereta api sesuai prosedur

saya pernah mengalami untuk membatalkan tiket kereta api, yang pernah saya ceritakan blog saya yang dulu dan kemudian tertelan bumi,

Cara memesan tiket kereta api bisa dilakukan dengan beberapa macam cara baik melalui website kereta-api.co.id, maupun ke pihak ketiga di tiket.com maupun dari toko ritel seperti indomaret, alfamart.

Tetapi ada bagian penting yang perlu diketahui adalah bagaimana cara membatalkan tiket. Ada dua penting yang perlu diketahui terlebih dahulu sebelum kita membatalkan, yang pertama kita bisa minta refound (pengembalian dalam bentuk uang) baik melalui transfer bank atau kita memgambil langsung di stasiun dengan potongan biaya 25% dari biaya tiket. Atau anda dapat menukar tiket dengan perjalanan kereta api lainnya, jadi hanya tukar tiket saja.

Saya mengalami hal ini, karena saya ingin menukar dengan uang perjalanan tanggal 25 juli dari sbi – smt (cek di website KAI ya) karena ada perubahan jadwal hotel di Surabaya sehingga rencana pulang tanggal 25 berubah menjadi tanggal 26. Tanpa membaca-baca cara membatalkan tiket, saya langsung membeli tiket tanggal 26 juli tanpa saya tahu sebetulnya tukar tiket bisa.

Anyway akhirnya saya sudah dapat tiket tanggal 26, dan saya bergegas untuk mengembalikan tiket yang tanggal 25. Yang jadi masalah tiket tanggal 25 tidak ada di tangan saya, justru ada di orang tua saya yang sudah di Surabaya.

Cara pengembalian tiket adalah

  1. Datang ke stasiun kereta api (saran saya ke stasiun yang besar karena tidak semua yang bisa melayani pembatalan tiket)
  2. Kemudian yang perlu disiapkan adalah tiket asli dan ktp penumpang
  3. Ambil formulir isi sesuai dengan permintaan, minta dikembalikan uang atau ganti jadwal
  4. Apabila minta dikembalikan uang, maka disiapkan nomor rekening atau bisa ambil di stasiun dengan jangka waktu 30 hari
  5. Kemudian setelah mengisi form, ambil antrian dan menunggu untuk dilayani.

 

Leave a Comment