memahami beda ori, oem dan kw

*gambar diatas adalah pemanis saja ….

siang ini diminta teman untuk membeli pointer logitech yang dulu pernah beli, namun entah kenapa bagaimana ceritanya pointer yang jumlahnya 4 biji itu lenyap bak di telan bumi. Dahulu memang beli harganya 300.000-400.000 sempat cek juga sech ke plasa matahari (di semarang tempat ini terkenal gaes) harganya bisa mencapai 500.000 – 800.000 tanpa pikir pajang langsung beli di tokopedia.

dan sekarang mau beli laser pointer itu lagi dan langsung cuzz ke tokopedia, lha baru sadar buka disini rentang atau variasi harganya bisa gila-gilaan. emang rata-rata Rp. 400.000 tapi ada yang jual 150.000 bahkan ada yang jual 100.000

kita sebagai buyer harus cerdas dan tunjukkan dirimu sebagai pembeli yang beretika. Saya baca semua deskripsi nya dan melihat gambar yang ditampilkan. emang yang mahal sekitar 400.000 nyebutnya dijamin 100 persen ori. lhah yang harga tengah sekitar 200-300 nyebutnya OEM. dan yang 100-150rb emang ga nyebut apa-apa karena kita tahu tidak mungkin ori maupun OEM.

mungkin saja diantara kita tidak mengetahui secara detail apa itu ori, oem maupun kw super dsb. saya akan sedikit berbagi tetang bagian ini

ORI

Jenis produk dengan kualitas Original (ori) adalah produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni di produksi, diseleksi, distandarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya. karena memang dari produsen merk tersebut yang memproduksinya. memang menjadi kebanggaan bila bisa membeli barang dengan merk / label ori

OEM (Original Equipment Manufacturer)

Produk OEM sering kali disamakan dengan KW padahal ini sangatlah salah dan jelas berbeda! produk OEM merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan Original (perhatikan ini), kemudian dimana perbedaan antara ORI dan OEM? Jika produk Original di produksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk Original pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar. Masih kurang jelas? Berikut sedikit gambarannya.

Misalkan Perusahaan A membuat produk bernama pointer (seperti yang saya contohkan tadi), maka pointerdengan kualitas Original dibuat di Perusahaan A itu sendiri. karena mungkin saat itu pesanan Perusahaan A begitu banyak sehingga harus mencari partner lain yaitu Perusahaan B untuk membantunya dalam melakukan produksi untuk area tertentu. pointer yang di produksi pada Perusahaan B inilah yang dikatakan sebagai produk kualitas OEM. Meskipun begitu, pointer yang diproduksi oleh Perusahaan B akan tetap dijual dengan menggunakan Brand milik Perusahaan A namun harganya lebih murah dari produk Original. Nah sudah nangkep kan ?

KW Super

nah, Mungkin istilah kualitas barang ini paling banyak kita kenal dan identik dengan Indonesia dan China. Bagaimana tidak, China sangat terkenal mahir dalam membuat barang yang sangat mirip dengan produk Original dan bahkan mempunyai kualitas yang hampir 100% sama namun tanpa lisensi / ijin dari produk yang ditiru.

KW 1 , 2 dan 3

Inilah produk dengan kualitas paling bawah atau paling jelek dibandingkan dengan ketiga kualitas diatas. Produk KW dibuat untuk memiliki bentuk semirip mungkin dengan produk Original. Ingat bentuknya saja lho ya bukan kualitasnya, mengapa? jadi soal kualitas jangan ditanya, TIDAK DIJAMIN.

Karena produk KW dijual dengan harga yang sangat-sangat murah dan ditujukan pada kaum muda yang ingin bergaya tanpa menguras banyak uang. Untuk produk KW, kualitas KW1 adalah yang paling bagus dan semakin kebawah (KW2, KW3,dst) kualitasnya akan semakin jelek dan lebih murah.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.