Mie Ayam Tumini Jogja

Sudah sejak lama saya tau tentang Mie Ayam di Jogja yang melegenda, dan banyak direview bagus di Google Local Guide akhirnya saya putuskan untuk menuju lokasi Mie Ayam Tumini. Dari hotel grand aston pukul 16.26 memang terlihat dalam keterangan tutup pukul 17.00 tetapi ketika di lokasi saya tiba 16.45 ternyata sudah habis, dan ketika saya bertanya kepada tukang parkir, ternyata tutupnya bisa lebih cepat dari yang semestinya karena habis.

akhirnya saya buka map lagi dna menuju mie ayam tumini 2 yang ke arah selatan dari lokasi yang pertama. Dan akhirnya masih kebagian karena belum tutup. Berkali kali ke Jogja, belum kesampaian mencoba mie ayam ini, dan baru sekarang baru kesampaian untuk makan disini.

Saya memesan mie ayam cakar dan sebelum mencoba mie ayam ini saya sudah membaca review dari teman-teman di local guide, dan sangat tidak cocok untuk lidah jawa timur (ga suka manis)

apa sech yang menjadikan mie ayam Tumini ini khas dan berbeda dengan mie ayam lainnya?

  • Kuah Kental. Kenapa kuah kental ini menjadi hal yang khas, karena memang kuah ayamnya itu tidka hanya coklat, tetapi coklat dan kental. kentalnya hampir seperti bubur dan itu bumbu semua. kalau orang jawa menyebutnya, kayak bumbu di empal kelem. mungkin saya agak susah untuk menerjemahkan untuk teman-teman luar jawa
  • Viral. Mie Ayam ini sudah sempat viral, buktinya mie ayam tumini menjadi mie ayam yang populer di jogja. Dan sebagai orang bukan dari jogja, sangat sangat ingin menyempatkan mencoba mie ayam ini. Viral menjadi ciri khas mie ayam ini.
  • Murah. Dengan harga 10.000 saja kita bisa menikmati mie ayam tumini, adalah murah karena bisa saja karena banyak pembeli harganya dinaikkan, ternyata tidak. bila ingin topping cakar, cukup tambah 4.000 saja kita bisa dapatkan semua.

kelemahan dari mie ayam Tumini ini, satu yang sederhana tapi fatal bagi saya yaitu tidak ada daun bawang atau onclang. hampir saja saya membatalkan beli disini, tetapi karena sudah jauh jauh ya saya tetap mencoba.

kalau ada yang tidak suka dengan manisnya kuah, maka infokan penjual karena kalau tidak diinfo, maka kuahnya bisa tumpah tumpah, apabila pesannya mie ayam jumbo… wah cocok bagi yang laper banget. silahkan tambahkan sambalnya, menurut saya pedas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.